Minggu, 13 Maret 2022

Bloggerday 2022, Komunitas Bloggercrony dan Saya

Tanpa terasa Komunitas Bloggercrony Indonesia telah berusia 7 tahun. Perayaan ulang tahun komunitas Bloggercrony yang diberi judul Bloggerday 2022 sudah berlalu juga, kemarin (rasanya baru kemarin) 27 Februari 2022. 

Kemeriahan Bloggerday 2022 dengan berbagai acara yang tahun ini dipandu oleh MC Febria Silaen dimulai dengan beberapa kendala teknis, di mana 100 blogger lebih yang menjadi peserta acara harus berpindah pindah ruangan zoom. Seru sih, masuk, keluar, masuk dan keluar lagi dan masuk lagi. Kemudian acara dimulai. Benar benar dimulai. Pada kegiatan Bloggerday 2022, taburan hadiah bagi peserta adalah hal menyenangkan lainnya. Hadiah untuk instagram feed terbaik, juga hadiah dari bloggerpreneur, sampai juga pada Most Wanted Blog Award

Penghargaan Most Wanted Blog Award ini merupakan apresiasi yang diberikan Komunitas Bloggercrony Indonesia bagi blogger yang sering membagikan karya organik (yang tidak bermuatan promosi produk atau konten berbayar, yang bermanfaat bagi pembacanya) di halaman facebook Bloggercrony. Tahun ini penghargaan diberikan pada Dewi Puspa, aeorang blogger yang juga kompasianer, 

Selain berbagai hadiah dan penghargaan, Bloggerday 2022 jugamemperkenalkan jajaran panitia dan pengurus Komunitas Bloggercrony Indonesia. Di usia ke 7, Komunitas Bloggercrony Indonesia merupakan komunitas blogger yang sudah berbadan hukum dan terdaftar resmi, sehingga tentu saja memiliki kepengurusan tetap dan harian. 

Souvenir BloggerDay 2022

 

Acara Bloggerday 2022 ini sebenarnya lebih banyak memberi kepada blogger daripada mendapatkan. Bayangkan bahwa, syarat dan kondisi yang diberikan lebih sederhana daripada Bloggerday sebelumnya. Ilmu yang diperoleh pada Bloggerday 2022 yang bertajuk #ScaleUpYourSkill merupakan materi yang dibimbing mentor mentor terbaik di bidangnya. Ada Mas Away, seorang dosen Bahasa Indonesia dan Mas Tuhu Nugraha yang merupakan praktisi dalam hal digital consultant yang menjadi narasumber dalam Webinar, Dunia Digital: Metaverse dan Kejahatan berbahasa. Ada juga Mas Matahari Timoer seorang blogger dan content creator dan Mas Joe Candra seorang blogger yang juga CEO dari media kreatif yang membagikan pengalamannya tentang Blogging: Organik VS Monetisasi. Dan juga Mbak Tzurayya Syarif Zain, seorang praktisi psikologi pendidikan yang menjadi narasumber pada sesi terakhir Bloggerday dengan webinar, "Bisa Yuk! Gali Potensi Terbaikmu". 

 

Salah satu hal yang memikat saya untuk mengikuti kegiatan bloggerday 2022 bukan hanya webinar/ilmu saja, tetapi merchandise tahunan bloggerday, sebuah pin cantik yang tahun ini bahkan diberi bonus stiker. Senang sekali, waktu merchandise ini tiba di tangan saya. Merchandise ini merupakan karya kreatif Kak Akbar Muhibar, sang ketua panitia Bloggerday 2022 ini. 

Produksi merchandise ini dilakukan oleh Cera Production, yaitu perusahaan yang bergerak dalam layanan produksi untuk kantor swasta dan instansi yang memproduksi Premium Gift Set, seragam kerja dan kebutuhan percetakan souvenir kantor, dan seminar kit kantor. Selama lebih dari 10 tahun, Cera telah dipercaya oleh lebih dari 350 kantor perusahaan dan instansi. Saat ini Cera dapat dijumpai di 13 kota di Indonesia.  

Komunitas BloggerCrony Indonesia adalah komunitas yang dikenal kemudian disayang, buat saya. Heran? Jangan heran. Komunitas Bloggercrony Indonesia adalah sedikit dari sekian komunitas blogger yang memperhatikan dengan sangat keprofesionalan seorang blogger. Saya mengenal komunitas ini, awalnya dari pendirinya. Mbak Wawa, Mbak Nesa, dan Mas Satto. Tahun 2015, pertama kalinya saya mengikuti acara bersama komunitas ini di Kedai Ketan Susu Cilandak. Saat itu Mbak Wawa masih di Kompasiana, sementara Mbak Nesa baru meninggalkan Kompasiana. Saya mengenal Komunitas Bloggercrony semakin mendalam setelah mbak Wawa meninggalkan Kompasiana juga, dan menurut saya Komunitas ini semakin mendalami keprofesionalan dunia blogger. Sebagai blogger, tidak peduli penuh waktu atau paro waktu, harus memiliki profesionalitas. Saya belum lupa bloggerday pertama, ketika sebagai blogger kita diminta saling mendukung, dan memberi semangat, berbagi suka dan komentar di karya teman, bahkan juga belajar bahasa bareng. Rasanya waktu itu masih belum terlalu lama berlalu. Semakin sering bergabung dalam event-event yang bekerja sama dengan Komunitas Bloggercrony Indonesiamembuat saya makin cinta. Bagaimana tidak? Kadang kala dalam sebuah event ada komunitas blogger lain yang terlibat, namun, PIC event bloggercrony paling sigap dalam menyediakan material yang diperlukan blogger serta memperjuangkan kepentingan blogger. Brief yang dibagikan pada setiap event jelas, bahkan setiap perubahan diupdate dengan baik sehingga memudahkan kerja profesional para blogger.   

Salah satu kenangan acara bloggerday

Dalam event bersama Komunitas Bloggercrony Indonesia di masa pandemi bersama Kementrian Kesehatan


Kini, tanpa terasa sudah 7 tahun saya menjadi bagian dari Bloggercrony. Saya bangga dan senang dan selalu berharap yang terbaik untuk komunitas Bloggercrony. Selamat ulang tahun Komunitas Bloggercrony Indonesia. 


Minggu, 04 April 2021

BloggerDay 2021 untuk Keluarga Jempolan.

Dari awal bulan Maret sudah berasa excited banget karena tahu bahwa akan ada BloggerDay 2021 secara virtual. Bukan kenapa, acara BloggerDay selalu menjadi acara yang aku tunggu tunggu setiap tahunnya. Walaupun, blog sudah bulukan, karena lama ngga dirawat. Tahun 2020, acara BloggerDay lewat secara virtual juga tanpa pertemuan sama sekali karena bertepatan dengan dimulainya PSBB, semua berjalan online. Rame-rame di medsos IG dan IG story waktu itu.
Satu satunya BloggerDay yang saya lewatkan yaitu BloggerDay 2019, karena syarat follower IG saya ngga terkejar. Sampai saat ini, walaupun sudah nge-blog hampir 10 tahun IG saya followernya masih dikit. 😂😂😂😥😥😥
Lanjut ke BloggerDay 2021, aku sudah menunggu sejak Februari karena aku tahu bahwa BloggerDay itu perayaan hari ulang tahun Komunitas Bloggercrony Indonesia Indonesia. Peserta BloggerDay 2021 pastinya adalah BCC Squad, yaitu member Bloggercrony Indonesia yang berasal dari berbagai daerah. Iya, tahun ini cukup banyak peserta dari luar Jabodetabek, karena teknologi membuat jarak tak lagi jadi masalah. Para blogger yang berjumlah 100 orang ini bersenang-senang pastinya mengikuti kegiatan BloggerDay. Kok tahu? Iyalah... Baca aja blog mereka. Aku aja senang. Aku tuh nulis ini sudah telat banget. Kok telat, Mar? Hooh. Gara gara tidak segera ditulis, pas mau nulis bertepatan dengan deadline rapor tengah semester disertai bengkak di jari jemari lentikku... 😥😥😥
Sedih ya? Iyalah. Kan kalau telat jadinya selain malu juga gak ikutan lomba. Ngga telat aja belum tentu menang. Tapi telat yasalam deh...
Walaupun begitu, aku tetap mau berbagi keceriaan acara BloggerDay 2021 ini, yang dihelat 6 Maret 2021 dari jam 10 pagi sampai jam 5 sore. Jujur, saking excited aku tuh mikirnya mulai ya jam 8 lho. Sudah siap siapin dresscode begitu selesai ibadah Morning Chapel baru buka email ulang dan taraaaaa.... Mulai ya jam 10. Astaga. Untung belum coba masuk ruang pertemuan virtual. Kalau gak, ya bisa bisa plonga plongo kok sepi. 😂
Jam 10 tepat ruang sudah ramai dan kami disapa salam oleh mbak Gita Siwi, host spesial BloggerDay.
Ada saat saat mellow saat Kak Satto Raji mengingatkan tentang Kak Anjar salah satu admin komunitas Bloggercrony yang telah berpulang mendahului kami, ada juga joget ceria saat jalan jalan Virtual Family Trip bersama kak Idfi Pancani.
Well, untuk acara jalan jalan bersama Kak Idfi, kami berenang senang piknik ke USA mengunjungi Gedung Putih, Patung Liberty, Air terjun Niagara, sampai ke Akuarium Georgia. Joget babyshark rame rame. Seru banget, apalagi karena kita boleh ngajakin keluarga kita, anak anak utamanya ikutan piknik. Kebayang kan ramenya? Memang Virtual Family Trip kan ya. Sampai sampai ngga berasa kalau ini adalah acara virtual dan kita ada di rumah masing masing. Bukan kenapa sih, Kak Idfi tuh ekspresif banget. Jadi hidup deh piknik virtualnya. Wow banget begitu kan BloggerDay 2021. 
Usai piknik, ada jeda makan siang dan dilanjutkan dengan games kahoot seputar komunitas Bloggercrony. Sayangnya, sinyal dan wifi kurang mendukung sehingga ngga menang juga dalam games ini.
Acara dilanjutkan dengan Blogger Hangout, Senjakala "Content Creator" yang dipandu oleh kak Helen Simarmata dengan narasumber Kang Maman Suherman dan Kak Shafiq Pontoh, pegiat literasi dan sosial media yang sudah dikenal para blogger. Mendengarkan paparan Kang Maman yang padat dan bergizi mengenai perjalanan keberadaan pembuat konten, di masa kini sebagai pekerjaan utama maupun sampingan, menyadarkan bahwa setiap pekerjaan memiliki etika masing masing yang tidak boleh tidak harus dipegang teguh agar bisa tetap bersinar dalam pekerjaan tersebut.Ada tanggung jawab moral yang harus dilakukan terkait konten yang dihasilkan. bukan hanya membagikan konten tetapi juga memastikan bahwa konten yang dibagikan benar dan dapat dipercaya. 
Kang Maman juga menjelaskan pentingnya memiliki kemampuan berkomunikasi, berkrasi, berkolaborasi dan berpikir kritis dalam menjalani peran sebagai konten kreator. JIKA TAK INGIN BERADA PADA SENJAKALA. Dalam paparan yang lugas, kang Maman menjelaskan bahwa, pada masa kini, keterampilan kolaborasi dengan ahli-ahli pada bidangnya akan membuat kreasi kita semakin memiliki nilai dan lebih efisien. 
Tidak harus menguasai semua lini, namun jadilah maksimal dan konsisten di lini yang kita kuasai, sehingga orang akan mencari kreasi kita. 
Kak Shafiq, mengamini paparan kang Maman dan menegaskan bahwa fokus pada lini yang dikuasai dan konsisten akan membuat hasil yang lebih bermakna. Kak Shafiq memaparkan pentingnya kita memiliki kemampuan melakukan analisis SWOT (strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) dalam berkarya.
Karena serunya pemaparan dan kedua narasumber ini sampai sampai rasanya mau nambah saja sesi ini. 











Setelah sesi bergizi Kang Maman dan Kak Shafiq, Kak Gita Siwi kembali bersama Blogger Care +. Blogger Care adalah kegiatan aksi nyata para blogger baik melalui tulisan maupun dana untuk menyuarakan kepedulian pada sesama. Pada acara BloggerDay ini penggalangan dana dilakukan untuk membantu sesama blogger yang terdampak pandemi Covid-19.

PANDEMI COVID-19

Akhirnya, cerita juga tentang ini.... 
Hiks... ini tuh berat banget buat aku. Pandemi ini. Iya. Sejak awal Maret 2020, ketika pertama Presiden Jokowi menyampaikan bahwa ada penderita Covid-19 di Indonesia yang ternyata di Depok, di mana saat itu aku tinggal di Bogor. Ketidakjelasan mengenai hal pandemi ini benar benar mengacaukan kerutinan yang biasa kujalani. Di sekolah, secara mendadak seusai PTS siswa diminta belajar di rumah dan kami guru guru pontang panting melakukan penyesuaian. Buat aku yang single, tanpa keluarga saja sudah membuat stres berat, aku jadi bisa memahami teman teman berkeluarga yang juga mengalami stres di awal pandemi. Bekerja dari rumah dan belajar dari rumah ini awalnya berjalan dengan seadanya. Selama Pandemi ini, aku sempat merasakan jadi orang tua terkait belajar di rumah ini, karena aku mendampingi siswaku yang di asrama dan siswa lain level sekolah dasar di asrama. 
Iyalah, anak anak yang tinggal di luar asrama bisa belajar di rumah, kalau anak asrama kan tidak mungkin. Guru-guru juga karena kebijakan PSBB dan jalan jalan yang ditutup sukar melakukan perjalanan. Ada guru yang kreatif, sekalipun seadanya bisa mengupayakan pembelajaran yang menyenangkan, ada juga yang benar benar seadanya, yang membuat jengkel karena seperti orang tua, selama jam belajar aku tetap bersama anak anak asrama level SD yang terdiri dari 5 kelas. 
Sungguh aku jadi bisa membayangkan kalau anaknya banyak dan masih di level SD itu seperti apa karena masa masa pendampinganku di asrama ini. 5 kelas dengan 5 kebutuhan yang berbeda, dengan satu guru yang benar benar seadanya sungguh membuat emosi memuncak nyaris setiap waktu. Di asrama juga para pembina asrama dan guru guru yang akhirnya bermalam di asrama tidak keluar ke mana mana. Untungnya areal asrama yang luas membuat kebosanan sedikit berkurang. Ibadah dilakukan di asrama juga, dibimbing guru guru agama. 
Sekitar 3 bulan di asrama, ketika kegiatan pembelajaran mulai terkondisikan lebih baik, aku akhirnya memilih resign bulan Agustus setelah melalui juga masa masa mengajar siswa secara online, karena setelah tidak di asrama lagi aku mengajar di kelas kecil yang kebanyakan siswanya reguler, bukan siswa asrama lagi. 
Salah satu perubahan dan tekanan yang kurasakan di luar pekerjaan adalah kesehatan. Sampai hari ini, aku belum lagi mengunjungi RS untuk kontrol. Ngeri. Takut juga, kalau kalau nanti malah menjadi masalah karena aku sendiri menderita autoimun. Ini yang membuat aku akhirnya hanya mengandalkan dokter umum dan beristirahat tepat waktu. Dokter umum-pun karena si dokter adalah dokter di sekolah. 
Nah, begitulah dampak pandemi yang paling berat buat aku. Ngga seberapa sih mungkin bagi teman teman yang merasakan kehilangan pekerjaan, dan belum mendapatkan pekerjaan lain juga atau keluarga karena pandemi ini. Well, aku rasa pastinya dampak yang dirasa jauh lebih berat atau menekan. 
Nah, sepintas tadi aku sudah cerita soal dampak Pandemi ya buat aku dan pekerjaanku, di situ aku merasakan banget curhatan teman teman blogger yang anaknya belajar di rumah. 
Ini yang membuat aku terkoneksi banget dengan topik Blogger Hangout di BloggerDay 2021, sesi terakhir. yaitu, Tantangan Pembelajaran Jarak Jauh. Yes. Di sesi terakhir BloggerDay kita berbincang dengan Kak Kania Safitri, Mom Influencer yang mempunyai 2 anak usia dini dan Kak Ifa H Misbach seorang psikolog klinis. 
Keluhan mengenai pembelajaran jarak jauh ini bukan hanya milik orang tua dan guru, namun juga milik anak anak. Melalui paparan dua narasumber yang sekali lagi didampingi moderator Kak Helen Simarmata, sekali lagi. 
Sebagai guru saya merasa jadi tersemangati oleh penuturan Kak Ifa, dan juga merasa empati dengan orang tua. Waktu yang digunakan dalam sesi inipun rasanya terlalu singkat dan inginnya bisa lebih dalam lagi mengulik perhal pembelajaran jarak jauh ini, terutama, jika saya kilas balik, Kak Ifa tidak hanya menekankan pada guru dan orang tua, namun juga mengenai anak anak. 
Pengen juga sharing bahwa saat di Kalimantan Timur, di perkebunan, sinyal internet itu banyakan ngga ada jadi, guru guru harus mengunjungi siswa kalau mau mereka belajar. Banyak banget yang pengen ditulis. 
Dan, sesi dengan Kak Ifa dan Kak Kania tersebut mengakhiri kemeriahan Blogger Day 2021. 
Seperti yang kutulis di FB, harusnya yang ulang tahun yang dapat kado. Tapi, di Komunitas Bloggercony ini beda. Pada BloggerDay 2021 dan juga BloggerDay sebelum-sebelumnya juga, peserta dapat banyak hadiah dan ilmu yang membekali para blogger dalam keseharian, dan profesi. 
Komunitas Bloggercrony ini memang merupakan komunitas untuk keluarga jempolan, karena tak hanya berbagi hadiah, dan ilmu, namun juga menjadi keluarga dalam masa masa pandemi ini. Kok bisa? Jelas, karena selama pandemi ini, komunitas Bloggercrony tak henti henti memberdayakan para blogger dalam kegiatan online dan juga memberikan pengaruh serius dalam menyuarakan kebaikan. 
Keluarga bukan soal darah saja, namun juga soal cinta dan kepedulian yang semuanya ada di komunitas Blogercrony Indonesia. 
Kegiatan BloggerDay yang seru ini saja malah disponsori oleh pendukung blogger juga, yaitu Bloggerpreneur yang memiliki usaha kecil di rumah mereka. 

Kenalan yuk sama Bloggerpreneur komunitas BCC mereka ini adalah penulis konten dengan bermacam hobby dan usaha rumahan.

Walau kecil namun berdaya

Berbagi dalam berbagai kegiatan

Siapa saja? Ini dia akun instagramnya. 

@duorajistore @katalensaku.photoworks @ebigsoo_fashion_ @anesacooking @geraiaksesoris2 @aykoprojects @makarame @resepdapurayah @dapursesukahati @hennahijab_collection @asiboostertea @kitatama.id @sreehandmate @photo_coffee_

Silakan dikunjungi, kalau perlu ya dibeli dong. Terimakasih komunitas Bloggercrony Indonesia buat acara super kerennya BloggerDay 2021. Mudah-mudahan, tahun depan bisa ikut lagi dan udah-mudahan pandemi sudah berlalu. 


Minggu, 10 Mei 2020

Belanja Online Mantap Dengan Mapemall

Saat pandemi begini, bagi para shopaholic pastilah membuat tak nyaman. Biasa bisa cuci mata belanja di mall-mall sambil nongkrong sama teman teman ngopi, atau sekedar ngobrol santai sekarang mau tak mau diam di rumah untuk menjaga jarak fisik dan menjaga kesehatan diri menghindari penyebaran Covid-19. Tinggal di rumah memang tak mudah. banyak kebiasaan yang perlu kita sesuaikan. 


Dalam kondisi pandemi di mana kita harus tinggal di rumah, maka Mapemall akan dapat menjadi pilihan ideal bagi kita yang menyukai brand ternama di mall-mall. Ini belanja online dengan brand original. Authentic Brand. Lebih dari 150 merek internasional yang mencakup berbagai kategori seperti fashion untuk wanita, pria dan anak anak, kecantikan, olahraga, rumah dan tempat tinggal, mainan, perjalanan, alat tulis, elektronik dan gadget tersedia. Kenyamanan belanja online yang ditawarkan Mapemall pastinya memudahkan, bagi kita yang kerja dari rumah, perlu ini itu tinggal Click dan pilih-pilih sesuai kebutuhan.
Mapemall ini apa sih? Mapemall ini, awalnya diluncurkan pada tahun 2016-2017 dengan nama MAP emall.com sebagai Pure Play Commerce.

tampilan layar Mapemall

Aplikasi dan situs belanja online yang diluncurkan kembali pada tahun 2018 oleh PT Gcommerce Digital Asia, mapemall.com ini menyediakan Authentic Brand di Indonesia untuk inspirasi fashion dan lifestyle. Dengan teknologi O2o yaitu online to offline (belanja melalui online dan mengambil barang di toko offline untuk produk yang otentik (original). Jadi aplikasi mapemal.com ini adalah aplikasi belanja online yang bisa ambil langsung dan juga melayani home delivery. (bukan hanya pick up in store saja).  Waktu itu banyaknya merek yang ada sekitar 120-an yang mencakup  segala kebutuhan.
Tahun 2019, Mapemall meningkatkan layanan  belanja online barang original dengan melengkapi merek merek internasional di dalamnya, berfokus pada mode dan gaya hidup dengan berbagai kategori yang semakin bervariasi.

Apa sih pentingnya Authentic Brand? Kalau saya bilang sih, ada harga ada barang. Barang original memastikan kita kualitas dari barang tersebut. Selain juga kita perlu menghargai kreativitas pembuat  barang kan? 

Produk food and beverages

Produk Food yang bikin kepengen

Saat saya menjelajahi situs belanja online ini, saya menemukan banyak hal yang menarik.
Seperti apa, Mar?
1.       Di situs ini ada personal stylist yaitu Milla. Eh, Milla ini bukan orang tapinya. Jadi si Milla ini akan bantuin kita menemukan produk berdasarkan size yang sesuai sama kita (size accuracy), dan juga busana yang sesuai dengan karakteristik kita, mulai dari preferensi warna, model, bahkan juga proporsi tubuh kita. Ini jelas membuat saya terkesima. Wow. sepintas saya lihat yang ditawarkan memang langsung membuat saya naksir.  Aplikasi easy shoppping 2020 sih memang beda ya 😀
2.   Beli online dan ambil di toko seperti yang saya sudah sebutkan di atas. (Pay and Pick atau Click and Collect) enak kan kalau belanja cuma tinggal ambil barang? Milihnya dibantu si Milla, bayar online, datang tinggal bawa saja deh. 
Brand apa saja yang ada di Mapemall? Ada Mark Spencer,  Mango, Onitsuka Tiger, Adidas by Planet Sport, Smiggle By Kidz Station, Cotton On, Lego, Kipling, Oshkosh, Lacoste, dan banyak lagi lainnya. Intinya, beneran deh, tinggal lihat Web, cari kebutuhan kita.

Tambahan lagi saat pandemi corona ini Mapemall turut mendukung kampanye pemerintah #AtHomeWithUs dengan memberikan benefit SUPER DOUBLE BONUS Mapemall gift voucher bagi pemegang kartu anggota MAPCLUB dengan meredeem MAPCLUB point (berlaku hingga akhir Juni 2020). Apa maksudnya SUPER DOUBLE BONUS, Mar? Maksudnya adalah, kalau pemegang kartu MAPCLUB tukar poin buat belanja maka poin yang ditukar tetrsebut bernillai dua kali lipatnya.
Belanja kebutuhan anak, dengan merek internasional bisa dilakukan dari rumah, bisa di kirim dengan mudah, bahkan kalau perlu ditukar ada customer service yang memberikan respons cepat.

Makanya tagline #Map YourStyle itu cocok banget untuk situs ini. Belanja online barang original, memang hanya di Mapemall. 

Nah, supaya lebih puas dan ngga penasaran, coba deh kunjungi situsnya, bisa diintip FB, twitter dan IG-nya. 
FB Mapemall : Facebook.com/Mapemallcom
IG Mapemall: Instagram.com/mapemall_com/
Instagram.com/mapemall_shop
Twitter Mapemall: twitter.com/mapemall_com


Selasa, 19 Juni 2018

Membangun Rasa Tanggung Jawab

Pagi ini, habis curhat di WAG. Salah satu WAG event. Belakangan ini kalau ikutan event apa apa kan konfirmasi nya kudu masuk WAG. Sebenarnya sih asyik asyik aja. Tapi, kadang mau left grup nya ini kalau masih ada tanggungan yang belum setor tulisan, padahal dalam S &K event juga disebutkan.
WAG ini kadang membuat berat telepon seluler juga. Walau sudah bebersih cache dst. Jadi gampang bermasalah kalau HPnya jadul macam punya saya.
Sebenarnya juga, tadi saya sempat curhat. Kalau ikut acara, apapun itu, nonton bersama lah, launching buku lah, atau workshop, pastinya kita sebagai blogger dapat benefit.  Apakah buat isi konten, atau goodie bag, atau ilmu (belajar itu mahal, trainersnya kan dibayar? Kalaupun engga mereka sudah berbagi waktu. Apa salahnya meneruskan ilmu itu lewat tulisan), atau bahkan sekedar menambah relasi, tetaplah sebuah benefit. Jadi kalau sudah dapat benefit, tidak baiklah kalau menunda nunda bayar kewajiban.
Hal yang mengganggu saya adalah,
1. Kadang ada saja yang menganggap tulisannya mahal.... Tapi daftar juga, di event dengan fee yang hanya ongkos transportasi. Lalu menunda nunda tayangan tulisannya. Sebenarnya apa yang diharapkannya?
Sebagai blogger ala ala, yang ikut acara hanya kalau ngga berbenturan waktu dengan tugas, bagi saya, mau ikut acara harus mau melaksanakan tanggung jawabnya.
Nulis lah. Bukan karena fee atau goodie. Tapi benar karena paham term & condition saat daftar acara.
Nulis lah, sebagai ucapan terimakasih pada pengundang.
2. Saat daftar acara baca baik baik apa yang diminta penyelenggara. Akan lucu kalau daftar acara dari komunitas A, sudah dikasih hastag X, nambahin hastag sendiri Y, yang membuat kesal pengundangnya.
Ini kan menyedihkan kalau sebagai blogger kita ngga bisa membaca syarat dan kondisi.

Bagaimana sih caranya supaya kita bisa membangun tanggung jawab moral?
a. Membiasakan diri.
Pembiasaan merupakan kunci dari tindakan kita. Dengan membiasakan diri, kita akan bertindak sesuai kebiasaan. Awalnya membiasakan pada tindakan yang benar itu tidak akan mudah kalau kita biasa sebaliknya. Maka, pengingat dari teman atau keluarga diperlukan. Hal hal yang perlu dibiasakan bukan hanya menuliskan event/kegiatan, tetapi juga memahami syarat dan ketentuan. Saya juga masih membiasakan diri membaca berulang supaya tidak salah.
b. Belajar bersyukur.
Kalau memang sudah daftar dalam event apa saja, sudah tahu syarat dan ketentuannya, sudah memutuskan hadir dan mendapatkan sebagian benefit,  belajar mensyukuri. Kalau event tidak ada fee, artinya kita ada kesempatan membangun relasi, bersilahturahmi, atau juga menikmati sesuatu yang disediakan. Apakah makanan, atau hiburan atau apa saja yang ada. Mungkin ada blogger lain yang ingin mendapatkan kesempatan itu, tapi harus mengutamakan kegiatan sehari-harinya (seperti saya, kadang pengen banget ikut nonton bareng, workshop ini-itu atau launching buku). Rasa syukur ini membuat kita bisa semangat nulis dan mengingat tanggung jawab kita kan? Setidaknya, tulisan teman teman bisa lho berarti buat kita kita yang ngga bisa ikutan.
c. Menghargai diri sendiri.
Melaksanakan syarat dan ketentuan dalam mengikuti kegiatan itu sebenarnya menghargai diri sendiri.
Mudah-mudahan mendatang, rasa tanggung jawab moral setelah mengikuti event ini bisa terus saya pertahankan. Jadinya siapapun yang mengajak saya ikut ngga kecewa. Ciyeeee...
Salam

Maria Margaretha
#tulisancurhat

Kamis, 07 Juni 2018

Optimasi Facebook Chanel untuk Blogger

Pusing ... Habis ulangan kenaikan kelas, rapat kenaikan kelas, perpisahan kelas 6, itu adalah ritual musiman guru SD kelas 6. Tapi hal ini bukan hanya ritual seorang guru saja. Orang tua pun saat anak anaknya selesai dengan segala ulangan tentu saja membutuhkan kebebasan. Bahagia kan kalau sudah lelah, dapat liburan di hotel bintang empat atau lima?
Masalahnya, sebagai guru dana untuk liburan tuh terbatas. Bisa stay vacation di hotel bintang tiga aja sudah berasa kereeeeeeeennnnnnnn banget. Iya ngga?
Ternyata ada lho situs hotel yang membantu orang orang seperti saya dengan flash sale untuk mendapatkan kamar hotel bintang 4-5 dengan berbagai keuntungan, tetapi harganya bintang 3. Serius.
Saya baru tahu. Dan ini membuat saya excited sekali untuk mencoba situs ini.
Kemarin sore, saya mengikuti workshop optimasi chanel Facebook untuk blogger di kantor Lalalaway di Jalan Majapahit no 16 Jakarta Pusat. Workshop ini juga menjadi ajang kenalan dengan blogger blogger hits di Ibukota ini seperti Tukang Ngider, dan yang lainnya.
Menyimak materi yang dibicarakan oleh co founder Lalalaway.com, saya mendapatkan penjelasan tentang situs flash sale ini. Sekalipun banyak online travel agen masa kini, tetap saja harga yang ditawarkan tidak berbeda jauh satu sama lain.
Lalalaway menawarkan jasa yang berbeda yaitu dengan basis flash sale, member dapat memperoleh hotel bintang empat atau lima seperti Four Season yang saat ini sedang promo juga si Lalalaway dengan harga dan keuntungan yang menarik. Setiap Minggu, diskon dan paket liburan berkualitas, ditawarkan dengan harga terbaik yang tersedia.
Agar kita dapat memperoleh informasi hotel hotel yang ditawarkan dengan diskon dan keuntungan khusus ini, kita perlu menjadi member dari lalalaway.
Tertarik? Coba saja.
Setelah penjelasan dari co founder Lalalaway, Ms. Audrey Marc, digital marketing Lalalaway, mas Darwin membagikan hal optimasi Facebook bagi blogger, untuk membangun traffic dan meningkatkan pembaca.
Optimasi Facebook ini bisa dilakukan dengan melakukan iklan di Facebook untuk tulisan dan blog kita. Mengapa beriklan di Facebook? Menurut mas Darwin ada beberapa kebaikan beriklan di Facebook.
1. Mudah dilihat
2. Target yang terukur
3. Mudah dilihat hasil dari iklan
4. Harga yang bervariasi dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan, serta
5. Memudahkan memilih orang yang melihat iklan kita.
Setelah workshop mas Darwin, ada mas Rendra Saputra, supervisor marketing dari Buka Lapak berbagi hal hal yang perlu diketahui untuk memaksimalkan iklan kita di FB.
Memaksimalkan iklan FB berarti dengan pengeluaran yang sedikit, bisa mendapatkan hasil kunjungan lebih. Siapa yang ngga mau?
Sore yang bermanfaat sekali bagi saya karena saya bisa belajar. Terimakasih Lalalaway.

Rabu, 30 Mei 2018

Novel Thriller 2018: Zone

Judul:Zone
Penulis: Jack Lance
Penerbit: Bhuana Sastra/BIP
Jumlah halaman : 328
ISBN: 9786024554927
Harga: Rp. 75K
Sinopsis:
Dengan latar penerbangan 582 yang lepas landas dari Bandara LAX di Los Angeles dengan  tujuan Sidney novel ini diawali. Penumpang dan kru pesawat mempersiapkan penerbangan 14 jam tersebut. Namun tiba tiba semua sistem komunikasi dan navigasi pesawat kacau. Boeing 747-400 berakhir di saluran asing. Ada sesuatu yang berbahaya dan menghantui pesawat tersebut, mencengkeram dan mengendalikannya.
Novel ini membawa pembaca seperti berada dalam film dengan latar penerbangan yang sesungguhnya. Suasana mencekam dalam novel terasa. Bedanya, dalam film ada musik yang membuat suasana makin mencekam.
Tokoh tokoh dalam novel ini digambarkan dengan detil, dalam posisi masing masing. Sharlene Thierry dan Aaron Drake dua kru pesawat yang menjalin cinta. Jim Nichols sang kapten pilot, dan penumpang dijalinkan dalam cerita penuh ketegangan masing masing.
Kekuatan dari penulisan novel ini adalah penggambaran kengerian dalam pesawat, yang sempat membuat saya agak deg degan juga waktu mau berangkat ke Surabaya dua hari sesudah membaca novel ini. 
Di sini, Jack Lance memberikan satu kisah yang membuat orang bertanya tanya. Kita tak dapat menyangkal banyaknya kasus kecelakaan pesawat terbang yang tak terungkap hingga saat ini.
Penulis novel ini Jack Lance, yang berasal dari Belanda pada 29 April lalu menyempatkan diri hadir dalam peluncurannya bersama keluarga di Gramedia Central Park, Jakarta.  Saya senang sekali mendapat kesempatan menghadiri launching buku ini. Keramahan Jack kepada blogger yang hadir juga menyapa setiap orang yang datang. 



Novel ini memikat hingga halaman terakhir. Walaupun penuh ketegangan, yang menjadi ciri khas penulisan Jack Lance.
Buku buku Jack Lance telah diterjemahkan ke dalam 13 bahasa dan diterbitkan di 25 negara.
Penasaran?
Cari di Gramedia terdekat. 
Selamat membaca. 
Salam suka baca

Maria Margaretha

Minggu, 18 Maret 2018

Keseruan Blogger Day Merayakan Ultah Komunitas Bloggercrony Indonesia di Hotel Ashley

Waktu mendaftar acara blogger day 2018 ini sebenarnya saya maju mundur. Saya sudah tidak mengisi blog ini lebih dari 2 bulan dan sedang penuh dengan tugas tugas menjelang USBD SD 2018. Setiap pekan ada ujicoba dan karena mata pelajaran yang saya ampu termasuk mata pelajaran yang diujikan jelas beban mental tambahan. Belum lagi kondisi fisik saya yang kurang baik karena sudah hampir 2 minggu obat habis belum sempat ke RS dan resepnya tidak ingat. Tensi ngga pernah turun dari 160-170/100. Takut ngga bisa datang. Itu kecemasan saya. Bagaimanapun acara yang dihelat komunitas blogger crony meminta komitmen dan selalu memberi banyak insight bagi saya. Saya suka sekali dengan komunitas ini. Jadi, daftar saja.
Saat menerima email konfirmasi saya senang, bisa bergabung lagi, dan kemungkinan besar bisa belajar banyak dari sajian workshop. Jadilah, pagi pagi kemarin saya sudah siap siap. Mula mula saya ke Indomaret. Di briefing email disebutkan bahwa saya perlu membawa spidol atau pensil warna. Karena lupa tidak bawa dari sekolah, beli dulu di Indomaret. Kemudian, saya order transportasi online. Cus deh.
Sampailah saya di Ashley Hotel tempat acara akan diselenggarakan. Hotel ini terletak di Jalan Wahid Hasyim Jakarta Pusat yang dekat dengan lokasi kuliner jalan Sabang dan pusat perbelanjaan Sarinah, juga Plasa Indonesia dan Grand Indonesia.
Dari depan hotel ini terlihat wah sekali. Cantik. Namanya juga hotel butik. ☺☺☺. Saya tiba bersamaan dengan dua blogger lain, yang kemudian saling berpose di depan hotel.
Nice, right? Yeah. The hotel was absolutely nice. Even their reception also kind while I ask them where the blogger day will have the gathering.
Saat memasuki hotel Ashley saya sempat mencium aroma seperti di spa. Rasanya menyenangkan. Saat weekend sepertinya hotel ini tidak terlalu padat. Walaupun di restoran saya melihat sejumlah tamu hotel sedang menikmati sarapan.

Ternyata menurut pak Fauzan yang menjadi marketing, memang hotel Ashley ini merupakan hotel bisnis. Yang saat weekday huniannya penuh, dan saat weekend lebih berkurang.
Jadi, saya masuk dan bersapa salam dengan beberapa blogger rajin yang sudah sampai di lokasi acara sebelum jam 8.
#memangacarabloggercronyngangeninkan. Demikianlah. Kalau lihat foto saya di bawah, itu photobooth disiapkan oleh Alfa Kreasi WO, salah satu sponsor blogger crony community 3rd anniversary. Kelihatan meriah ya?

Ternyata kita 20 blogger yang datang awal bukan hanya bisa foto foto cantik duluan, tapi juga dikasih reward. Horeeee... so we get a voucher discount from Sandeeva Spa 50%. Thanks SandeevaSpa.
Nextnya, kita dikenalin sama bloggerpreneur. Nah di Blogger Crony ini ada sejumlah blogger yang ngga cuma ngeblog, tapi punya usaha dan mau share ke kita perihal usaha mereka. Ada 10 bloggerpreuner yang dihighlight, as they give some gift for others. Ada makanan, mas Jun Joe dengan Resep Dapur Ayah, mbak Dewi Nuryanti dengan Kebab, mbak ... dengan Gyosa. Ada juga produk kecantikan dan kesehatan seperti Bunda Rosmadewi dengan masker madu dan madu, mbak Ruth dengan sabun yang customized. Bahkan ada sinom dan kunyit asem home made. Tuh kan keren ya blogger preneurnya?

Setelah sejenak mengenal para bloggerpreneur, para blogger juga diajak mengenal Hotel Ashley.
Pada foto di atas, nampak mas Fauzan dari pihak hotel memberikan penjelasan.
Pak Fauzan menuturkan bahwa Hotel Ashley adalah bagian dari jaringan hotel Prima. Selain Hotel Ashley, ada hotel Juno dan hotel Yellow Bee di Tangerang. Segmentasi ketiga hotel ini berbeda. Nah, balik ke Hotel Ashley, dituturkan bahwa hotel ini merupakan hotel yang baru beroperasi 1 tahun 4 bulan. Hotel ini mulai buka pada bulan November 2016.
Pada hotel bisnis, breakfast, bed and broadband adalah hal penting. Di Hotel Ashley, tamu dimanjakan dengan layanan broadband yang cepat, tanpa password sebagai hal utama. Yah iya di era internet mana ada sih pengusaha ngga butuh internet? Barulah bed dan breakfast. Hotel ini tidak menyediakan kolam renang, memang. Buat apa? Pebisnis yang menginap tidak terlalu memerlukan fasilitas tersebut.
Ada 186 kamar dengan berbagai type yang disediakan di Hotel Ashley. Ukuran 18-32 m persegi. Kenyamanan tinggal di Hotel Ashley bukan hanya perihal internet, namun juga bed/tempat tidurnya berstandar internasional, dan fasilitas kamar mandi dengan air shower yang kencang.
Selain hunian, Hotel Ashley juga menyediakan ruang meeting. Mulai dari 5 orang sampai yang berkapasitas besar yang digunakan komunitas blogger Crony kemarin. Rencananya, Juli mendatang Hotel Ashley akan membuka ballroom, untuk acara acara yang lebih besar dengan kapasitas 500 orang.
Secara pribadi, saya merasa tertarik ingin merasakan stayvacation di hotel ini. Suasana ramah dari petugas hotel, serta ruang lobby yang luas, bersih dan berkesan indah dengan berbagai hiasan alami seperti tanaman tanaman dan bernuansa kayu.
Nilai plus hotel Ashley adalah letaknya yang mudah terjangkau kendaraan umum. Kata pak Fauzan, dekat juga dengan stasiun BNI City kalau mau naik kereta ke bandara Soekarno Hatta. Dekat dengan Stasiun Gondangdia,  dan juga halte bus transjakarta.
Senangnya saya, cari lokasinya gampang. Tulisan nama hotel besar. Kelihatan dari jalan raya. Tampak mewah dari pinggir jalan.

Oh ya, sebelum itu saya juga menilmati sarapan. Kopi, teh dan susu yang disediakan oleh Ashley Hotel, serta roti seperti croissant yang besar banget deh, sampai kekenyangan. Ngga hanya besar, tapi juga enak. Kenyang.
Ternyata acaranya on time. Keren lagi ya kan? Dan, mulai sesi sama mas Tuhu Nugraha seorang dosen di LSPR yang menjelaskan mengenai digital influencer: fenomena dan strategi kreatif. Sebenarnya di sesi ini saya pengen banget nanya, secara khusus saya pengen diberi masukan bagaimana sih saya bisa motivasi murid murid saya yang pengen jadi youtuber dalam meningkatkan kualitas diri mereka. Tapi pas sesi tanya jawab, kepala saya pusing sekali sampai saya harus ke toilet dan memastikan bahwa saya masih bisa ikut lanjutin acara. Siram siram muka sedikit biar segar, walau kepala tetap berdenyut. Jadi, fokusnya berkurang. Tapi tetap saja saat kembali ke ruang downing tempat acara, saya masih bisa mengikuti tanya jawab. Puas dengan sesi mas Tuhu ini.
Tidak terasa sesi sudah berakhir.
Makan siangpun tiba. Tadaaaaa... semua blogger dapat lunch dari Dapur Solo dengan menu special yaitu tumpeng ayu. Lihat ya nih, ayu ngga?



Ayu kan? Tumpeng ini ngga berantakan biarpun jatuh karena sudah dikemas dengan tepat. Banyak lauknya dan enak benar. Sambalnya juga pedes dan nendang. Pokoknya nyummy deh.
Dan.... habis makan siang aku dapat surprise. Iyaaa... aku dapat lucky draw... asyik. Hadiahnya yaitu sabunnya mbak Ruth sama madunya Bunda Rosma. Wow. Senang banget deh.

Sesi kang Away (Anwari Natari), sebenarnya sesi yang kaya banget dengan ilmu. Judul Sesinya adalah, "Creative Writing With Mind Map. Beliau meringkas materi dengan padat sehingga blogger yang hadir bisa praktek membuat mind mapping sesuai materinya.
Saya sempat bertanya pribadi setelah membuat mind mapping saya, apakah bisa menggunakan mind mapping untuk mengajarkan matematika. PR ya kang Away. Kapan kapan ketemu saya masih mau nanya itu. Kok nanya pribadi? Ngga ada sesi tanya jawab di workshop ini. Kang Away juga sempat bilang akan memikirkan dan mencari solusinya.
Untuk kedua sesi workshop yang keren ini, saya rasa Indosat Ooredoo adalah sponsornya. Makasih Indosat.
Setelah sesi Kak Away, lagi lagi komunitas blogger crony bagi bagi hadiah. Duh... banyak banget hadiahnya. Senangnya. Eh saya kebagian lagi lhoooo... dapat masker madunya bunda Intan Rosmadewi lagi. Senang banget. Selain dari BCC blogger preneur, ada juga hadiah dari sponsor Markamarie, dan Rejuve Skin Lab
Di akhir acara kita menyanyikan selamat ulang tahun buat blogger crony. Kue ultahnya enakkkkkk...
Dan terimakasih Blogger Crony, semua sponsor acara dan hadiah blogger day, serta Hotel Ashley buat tempatnya yang asyik banget.
Mudah-mudahan, tahun depan bisa ikut lagi.
Akhirnya, selamat ulang tahun sekali lagi Blogger Cronny Community. Always empowering digital people. Muach....
Maria Margaretha.
Ps: foto foto selain koleksi hp pribadi ada dari WA group Blogger Day BCC.
Foto foto lain ada di www.instagram.com/mentari818

Rabu, 13 Desember 2017

Peduli Kesehatan, Peduli Kanker Serviks

Sekitar sebulan yang lalu, seorang siswa saya di kelas 5 menangis dan marah marah karena harus mendapatkan suntikan vaksin HPV yang diselenggarakan oleh puskesmas setempat di area sekolah saya. Sebagai guru yang juga blogger, walaupun tak paham benar mengenai manfaat vaksin HPV ini, saya berusaha menerangkan semampu saya mengapa anak anak ini perlu disuntik vaksin HPV. Berbeda dengan vaksin sebelumnya (MMR) yang diberikan pada semua anak, vaksin ini diberikan khusus anak perempuan. Saya mendapatkan brosur namun belum benar benar mengerti.
Kebetulan sekali, Kamis, 30 November 2017 saya kebagian undangan mengikuti blogger gathering bertema Mengenali Bahaya Kanker Serviks yang diselenggarakan oleh Mayapada Hospital bekerja sama dengan Indonesian Sosial Blogpreneur (ISB). Keberuntungan juga bahwa sekalipun hari kerja saya sudah pulang jadi bisa hadir di The Hook, Kebayoran, Jakarta. 
Dalam blogger gathering, narasumber, Dokter Yuslam Fidianto, Sp.OG menjelaskan mengenai kanker serviks. Ya ini yang dilawan dengan vaksin HPV yang diberikan pada siswa kelas 5,6, dan 7 sekolah dasar waktu itu. Memang vaksin merupakan pencegahan, sejak dini. saat anak anak perempuan baru mulai haid/menstruasi.


Kanker Serviks adalah penyakit yang menyerang mulut rahim, lazim juga disebut kanker mulut rahim. Penyebabnya adalah hubungan seksual aktif yang tidak higienis, yang disebabkan oleh virus HPV 16 dan HPV 18. Hubungan seksual aktif ini bukan berbicara perihal ganti-ganti pasangan, namun perihal kegiatan seksual bersama suami istripun tak lepas dari kemungkinan ini. Apalagi kalau suami tipe yang "beristri lebih dari satu/tidak setia"
Virus HPV 16 dan 18, menonaktifkan gen gen yang bermanfaat menghentikan perkembangan tumor dan juga bermutasi menjadi penyakit kanker.
Ciri-ciri awal dari kanker serviks ini perlu diketahui untuk secepatnya melakukan tindakan,
1. pendarahan abnormal setelah berhubungan seksual.
2. pendarahan di luar siklus menstruasi normal, yang berkelanjutan.
3. keputihan terus menerus yang berbau
4/ neri pinggul yang tidak berhubungan dengan siklus menstruasi.
Pada saat kita mengalami keluhan sebaiknya kita segera melakukan pemeriksaan. Penting bagi para wanita yang aktif secara seksual, untuk melakukan vaksin HPV dan juga pemeriksaan Pap Smear secara rutin.
Mengapa anak anak diberikan vaksin HPV?
Pencegahan lebih baik daripada mengobati. Dokter Yuslam menuturkan bahwa penderita kanker serviks di Indonesia termasuk tinggi. Mencegah lebih baik daripada mengobati, karena jelas, biayanya akan lebih ringan. Deteksi dini akan memberi harapan hidup lebih tinggi dari pada pengobatan di stadium menengah.
Penjelasan yang berarti, Terimakasih dokter Yuslam, ISB dan Mayapada Hospital. 

Sabtu, 18 November 2017

Merayakan Ulang Tahun

Ulang tahun merupakan suatu peristiwa menyenangkan yang mempunyai pengaruh bagi setiap orang yang bersinggungan. Tak heran jika merayakan ulang tahun menjadi sesuatu yang penting bagi banyak orang. Kelahiran merupakan proses yang bukan main melelahkan dan menegangkan tetapi juga membuat kegembiraan. Benar kan?
Jumat 10 November 2017 lalu, saya diundang menghadiri acara ulang tahun. Ulang tahun siapa ya? Ramai tidak? Banyak acara kah?
Nah ini dia ulang tahun yang saya hadiri.
Ulang tahun yang saya hadiri adalah ulang tahun ke 9 sebuah hotel. Nama hotelnya Aston Marina Ancol. Letaknya di Jalan Lodan Raya, sangat dekat dengan pusat kota Jakarta Utara, seperti Mangga Dua, dan juga Stasiun Kota. Acara ini dibuka jam 5 sore, di lobby hotel. Hotel Aston Marina Ancol mempunyai 365 kamar, yang dilengkapi dengan kolam renang dan akses wifi.
Ternyata ulang tahun hotel Aston Marina bukan sekedar ulang tahun biasa dengan menyanyikan lagu happy birthday gitu. Ulang tahun hotel ini merupakan sebuah acara lengkap dengan bazaar, yang bertema, "I Love Local Product" demikian menurut press rilis yang saya terima.
Ada tujuan meningkatkan rasa cinta masyarakat pada produk lokal, demikian kata mas Paundra Hanutama sebagai Marketing Communication Manager.
















Sejumlah Usaha Kecil Menengah asuhan Inacraft dan usaha sampingan karyawan diundang mengikuti bazaar untuk turut merayakan dan meramaikan kemeriahan ulang tahun. Beberapa komunitas blogger dan sejumlah blogger diundang secara pribadi untuk menghadiri dan mengikuti juga blog competition.
Saya yang menghadiri acara pembukaan sempat menikmati acara peragaan busana/fashion show dari batik Gobang, setelah acara potong tumpeng dari General Manager Hotel Aston, yang diberikan pada MUSPIKA Jakarta Utara. Batik Gobang ini adalah produk batik asli Betawi yang dikerjakan di Srengseng, Jakarta Barat. Sejumlah pembatik juga hadir dan menunjukkan kemampuan membatik di booth yang tersedia. Bu Ethys Mayoshi sebagai desainer juga terlihat dan mendampingi para peragawan dan peragawati dari London School of Public Relations Jakarta saat itu.
Batik Gobang ini motifnya menarik lho. Ada ondel-ondel, kerak telor, sampai rumah Betawi.
Selain kemeriahan acara pembukaan yang meriah, ada beberapa acara lain tanggal 11 dan 12 November 2017. Ada acara cooking class bersama Kokita dan Forvita, juga ada acara coffee clinic oleh Java Bika.
Yang tak kalah menarik buat yang suka kecantikan juga ada beauty class waktu itu. Anak anakpun juga ada acaranya, yaitu menghias cupcake. Lengkap banget ya ulang tahun yang satu ini?
Jelas dong. Kan bertambah umur selalu bertambah berkahnya.
Kiranya tahun depan Hotel Aston Marina Ancol makin berkembang, makin sukses dan tetap maju.
Selamat Ulang Tahun ya.


Maria Margaretha

Bloggerday 2022, Komunitas Bloggercrony dan Saya

Tanpa terasa Komunitas Bloggercrony Indonesia telah berusia 7 tahun. Perayaan ulang tahun komunitas Bloggercrony yang diberi judul Bloggerda...