Jumat, 17 Maret 2023

Meningkatkan Keterampilan? Mengapa Tidak?

Setiap tahun pada bulan Februari dan Maret, sejak 2017, ada event yang selalu saya tunggu-tunggu. Event tersebut adalah BloggerDay. BloggerDay adalah event spesial yang terhubung dengan ulang tahun Komunitas Bloggercrony Indonesia. Keseruan acara BloggerDay setiap tahun ini tak lepas dari tujuan dan misi komunitas.

Komunitas Bloggercrony memfasilitasi blogger Indonesia mengembangkan kualitas dirinya, membangun jejaring positif, meningkatkan produktivitas dengan menciptakan tulisan/konten yang informatif, bermanfaat dan inspiratif, serta berdaya mandiri dan profesional.

Kalau pada BloggerDay 2017, Komunitas BloggerCrony bersama sponsor Soman Indonesia waktu itu memberikan insight bagi saya untuk menjaga sikap sebagai blogger, untuk saling bantu, berbagi like dan komentar jika ada rekan blogger yang berhasil mendapatkan pekerjaan dan juga memberi semangat.

BloggerDay 2018, Komunitas BloggerCrony dengan sponsor bloggerpreneur dan hotel Ashley waktu itu membuat saya belajar tentang mindmapping dengan narasumber Kak Away (Anwari Natari) dan tentang digital influencer Bersama Kak Tuhu Nugraha. Dari acara demi acara BloggerDay tahunan ini, cinta saya pada Komunitas Bloggercrony bertumbuh. Saya melewatkan BloggerDay 2019 karena tidak mampu memenuhi syarat dan ketentuan waktu itu. 

Saya bergabung kembali di BloggerDay 2020, 2021, dan 2022. BloggerDay 2020 itu semula akan diadakan offline. Apa daya, pandemi, membuat akhirnya kegiatan berlangsung online 100%. Kesan saya dengan BloggerDay 2020 yang online ini adalah, bagaimana pengurus Komunitas Bloggercrony cakap beradaptasi, dan luwes dengan perubahan. 

Komunitas Bloggercrony Indonesia sangat mengedepankan profesionalitas dan membantu saya memiliki jejarin di dunia blogging, walaupun saya bukan blogger fulltime. Saya adalah seorang guru SD yang suka curhat dan menulis. Namun demikian, karena Komunitas Bloggercrony, saya jadi berkembang dan memiliki awareness terhadap dunia blogger di Indonesia. Saya merasa tidak hanya dalam hal blogging, namun ilmu yang saya dapatkan dalam kegiatan bersama Komunitas Blogger ini bermanfaat juga pada kehidupan professional saya lainnya, yaitu sebagai guru SD.   

 Pada BloggerDay 2023 ini, kegiatan dimulai dengan aktivitas kick off di zoom meeting, pada tanggal 24 Februari 2023. Seru banget walaupun lewat online, ada 100 blogger dari berbagai kota mengikuti zomm meeting yang bertabur hadiah ini. Pesta ulang tahun Komunitas Bloggercrony memang selalu meriah bagi saya. Setelah pengumuman most wanted blogger, ada perbincangan 15 menit bersama narasumber Kak Away. Ilmu yang dibagikan kali ini sesuai dengan tema SkillSetUp membahas bagaimana Blogger Indonesia yang ingin meningkatkan kapasitas diri, tak perlu memaksakan diri, namun bertahap melakukannya. Menjadi professional tidak dilakukan dalam semalam, melainkan perlu waktu. Fokus pada setiap keterampilan yang diinginkan pada satu waktu sampai menguasai benar. Demikian pula perihal meningkatkan pengetahuan. Sementara membangun kedua hal tersebut tak kalah penting adalah sikap. Sikap kreatif ini dilatih dengan konsisten seperti halnya meningkatkan keterampilan maupun pengetahuan ini.

Selain acara kick off yang merupakan acara hybrid, di mana walaupun peserta online, namun panitia bekerja secara tatap muka di Tebet, ada juga acara puncak BloggerDay 2023 ini yaitu funcamp di Halimun, Aslinya, aku bener-bener iri dengan teman-teman yang bisa ikutan funcamp ini. Jelas, karena sebenarnya aku sangat pengen ikutan, tapi yang ngeselin adalah aku lagi kurang fit sehingga ngga berani daftar. Keseruan acara funcamp yang tanpa gadget di puncak Halimun ini benar benar ditampilan dengan foto-foto dan video di IG komunitas Bloggercrony. Kepoin aja deh.

medsos Instagram/Twitter  Bloggercrony: www.instagram.com/bloggercrony

atau www.twitter.com/bloggercrony

Selamat ulang tahun Komunitas BloggerCrony Indonesia. Kiranya di usia ke 8 semakin dimampukan membekali Blogger Indonesia menjadi professional dan memiliki kredibilitas. Karya dan kontribusi Blogger, bagi kemajuan masyakat Indonesia,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Hidup Maksimal

Mendengar suara Tuhan adalah kunci hidup orang percaya menjadi maksimal. Sayangnya seringkali, kita merasa Tuhan tidak berbicara pada kita. ...