Rabu, 22 April 2015

{Review Buku} Insya Allah Sah

Usia sudah 29 tahun, udah pacaran 3 tahun lebih, tapi belum juga dilamar. Kepikiran? Pastinya itu yang dirasakan tokoh utama dalam buku "Insya Allah Sah" ini. Sekalinya mau dilamar, eh, kejebak lift berjam-jam dengan pria sederhana tapi keren agamanya. Habis lamaran, eh ketipu waktu persiapan pernikahan berkali-kali. Rasanya? Kayaknya capek pasti. Dan nyesek. Duit puluhan juta lho itu.



Buku setebal 319 halaman yang ditulis mbak Achi TM ini memang menyentuh. Buku ini adalah buku pertama yang dipublish oleh Gramedia Pustaka Utama, dari 21 novel yang sudah diterbitkan mbak Achi TM. Dijual dengan harga Rp 69500, buku ini dapat menjadi inspirasi menarik bagi pembacanya. (sssht, yang minat di toko buku gramedia online dijualnya cuma Rp. 59075)



Beberapa catatan inspirasi yang saya dapat,
1. Segala sesuatu itu ada dalam penentuan ALLAH. Manusia merencanakan, namun ALLAH juga yang menjadikan. Usaha wajib sih, tapi tetap jadikan ALLAH sebagai sandaran. Bagaimanapun usaha manusia sudah maksimal, kalau TUHAN tidak berkenan ya akan ada saja jalannya.


2. Utamakan menunaikan janji, walau harus melepas ego ataupun kesenangan diri. Kalau dibayangkan bahwa si tokoh utama mau menikah sudah habis-habisan, eh pasangannya meninggalkan begitu saja, jelas, jelas sakit deh. Tapi, selalu ada akhir bahagia buat orang yang mengutamakan janji. Contoh di novel ini adalah janji berhijab, yang ditunaikan, akhirnya juga bahagia kok.


3. Pacaran itu rugi. Buang waktu, buang tenaga, belum tentu bermanfaat. Gunakan waktu untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat, kalau mau nikah, ya nikah saja. Pacarannya setelah menikah baru asyik.


4. Persahabatan itu jalannya dakwah. Bukan menggurui, namun memberi contoh, menjadi teladan seperti Silvi dan Kiara, tokoh dalam cerita ini.



Eh, novel ini selesai baca dalam kecepatan membaca saya selama 1 jam. Tetapi, saya yakin, buat yang senang membaca santai, enak dinikmati. Bahasanya renyah, dan mudah dicerna. Unsur-unsur inspirasinya bukan dijejalkan, namun tersirat dalam kalimat-kalimat yang mudah dipahami.
Mau baca? Beli dong. Keren kok. Pasti ngga nyesel belinya.


Selamat pagi,... #kerjalagi

6 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nanti saya cari di granedia kupang mbak, trim infonya

      Hapus
    2. Wah, mbak Maria kayaknya berhasil foto bareng pengarangnya ya? Siip deh, semangat ya Mbak.

      Hapus
    3. @Pak Sur,... selamat menikmati kalau sudah dapat pak,... @ Bu Fabina, Iya mbak, itu pas launching,... jadi dapat minta foto bareng...

      Hapus
  2. waaa mau dilamar malah kejebak di lift.
    gimana akhir kisahnya yaaa.. jadi penasaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penasaran? hehehehehe beli mbak... Seru abis deh...

      Hapus

Tips Hidup Maksimal

Mendengar suara Tuhan adalah kunci hidup orang percaya menjadi maksimal. Sayangnya seringkali, kita merasa Tuhan tidak berbicara pada kita. ...