Sabtu, 19 Maret 2016

Anak dan reward

"Ms. Maria, kok yang dapat kupon itu itu terus sih?"
Demikian protes salah satu siswa saya. Well, anak anak sekarang sedang seru-serunya mengumpulkan kupon kebersihan dan kerapihan diri dalam rangka hari bumi. Segitu serunya dengan kupon itu sampai reward saya yang biasanya dikejar jadi berubah maunya kupon.
Reward saya adalah stiker smiling face. Biasanya saya memberikan smiling face untuk sikap dan juga untuk hasil ulangan atau partisipasi di kelas.
Kupon yang saya punya saya beri tanggal. Karena setiap guru hanya mendapat 25 kupon sesuai hari pengumpulan. Selama hari pengumpulan kupon dan diharapkan juga sesudahnya anak anak dapat menjaga kerapihan dan kebersihan diri dan lingkungannya di sekolah.
Bicara soal bersih, memang sih kebanyakan anak perempuan yang lebih rapih dan bersih. Tapi ada juga anak laki laki yang bisa rapi dan bersih.
Kupon ini yang jadi bahan percakapan juga oleh orang tua murid saat mengambil raport mid.
Lucunya karena anak anak ini sebenarnya orang tuanya mau saja membelikan hadiah yang bisa ditukar kupon-kupon itu. Masalahnya buat anak anak hadiah dari guru atau sekolah itu pencapaian yang nilainya beda dengan dibelikan orang tua.
Ini mengingatkan saya pada anak anak yang saya ajar tahun sebelumnya. Bagaimana anak anak itu berupaya dapat nilai 100 dalam ulangan saya sekedar untuk ditraktir bakso ms. Maria nya. Hahahaha... Lucu. Mereka juga ngga segan membujuk orang tuanya mengizinkan mereka mengunjungi museum tekstil sebagai reward nilai 100nya. Padahal, orang tua mereka bisa banget buat membawa mereka ke sana.
Kembali pada kupon kupon itu,
Well, reward dari guru memanglah spesial. Sampai di kelas kelas tertentu.

2 komentar:

  1. Kan ada kepuasan tersendiri dari hasil usaha kita, mungkin ini yg di rasa oleh anak2 itu ci

    BalasHapus
  2. Bener banget ko Marcel. Makasih singgahnya...

    BalasHapus

Tips Hidup Maksimal

Mendengar suara Tuhan adalah kunci hidup orang percaya menjadi maksimal. Sayangnya seringkali, kita merasa Tuhan tidak berbicara pada kita. ...