Minggu, 24 April 2016

Field trip

Entah sudah berapa tahun membawa anak anak Fieldtrip. Semenjak mengajar di SD yang saya ingat. Membawa anak anak field trip dari sekolah memiliki keuntungan buat saya secara pribadi. Saya bukan tukang jalan. Jadi, kalau ngga bersama anak anak, so pasti saya tidak akan tahu tempat tempat yang bagus.

Namun demikian ada beberapa hal yang perlu dipikirkan saat membawa anak anak Fieldtrip.
1. Saya membawa anak anak orang. Menjaga keselamatan dan memberikan reportasi hasil belajar anak dari field trip menjadi penting. Saya membiasakan diri melihat momen menarik anak anak mempelajari dan beraktivitas. Saya juga menjaga jangan sampai ada yang tergores karena namanya anak anak kadang suka lari larian. Anak yang tergores di bawah pengawasan saya akan merusak reputasi saya. Apalagi sampai anak hilang. Itu sebabnya, kadang saya bela-belain mengunjungi lokasi fieldtrip diam diam agar bisa mencocokkan informasi dari panitia dan keadaan sesungguhnya.
2. Menjaga anak anak untuk menunjukkan sikap yang baik. Membimbing anak tidak berperilaku seenaknya di tempat umum adalah bagian dari pembelajaran. Bayangkan, jika anak tidak belajar antri, lalu menyerobot antrian. Memalukan bukan. Belum lagi melatih mereka agar tidak berlarian atau memanjat manjat. Namanya anak anak. Di samping soal nama sekolah yang dibawa kala fieldtrip, itu juga soal keselamatan anak. Kalau anak jatuh karena lari2 atau memanjat manjat kan berabe saya.
3. Saya mengingatkan anak bahwa fieldtrip adalah kegiatan belajar. Jadi, kalau tidak ikut fieldtrip bisa membuat mereka kehilangan nilai. Saya juga meminta mereka mandiri. Tidak usah ditemani orang tua. Bukannya belajar di sekolah jika tidak ditemani orang tua?

Walaupun saya menarik keuntungan bisa tahu tempat tempat bagus, tapi saya tidak akan membuat anak anak saya mengalami hal yang buruk karena sibuk sendiri.
Saya memilih kesempatan lain mengunjungi lokasi tersebut jika memang saya tertarik.
Selamat fieldtrip ya...
Salam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Hidup Maksimal

Mendengar suara Tuhan adalah kunci hidup orang percaya menjadi maksimal. Sayangnya seringkali, kita merasa Tuhan tidak berbicara pada kita. ...