Sabtu, 31 Januari 2015

Hadassah, semalam bersama sang Raja

Buku ini selesai kubaca setahun yang lalu. Sejak saat itu aku sudah membacanya berulang-ulang. Kisah dalam buku ini, difiksikan dari cerita Alkitab. Kisah sang ratu Ester. Aku menyukai kisahnya.
Perjalanan ratu Ester menuju tahta permaisuri raja Ahasyweros adalah perjalanan yang digambarkan penuh dengan kegalauan. Sebagai perempuan yang mencintai bangsanya dan terikat hukum-hukum agama Ester harus menerima pilihan antara berupaya menjadi ratu atau tersingkir di harem selir.
Sejak awal Star, demikian Ester disebut, ia sudah membuat pengurus istana terkesima. Ia tidak tertarik pada kekayaan di sekitarnya, namun dengan hati-hati menjalani hidupnya yang walaupun bukan pilihannya. Yah, siapa juga mau jadi calon selir? Belum tentu kan bisa menjadi ratu? Terpisah dengan pembimbingnya Mordekhai, dibayangi kematian karena darah bangsanya. Ia membangun dirinya sendiri dengan pemikiran positif, berdoa dan membawa kegalauannya dalam doa. Ester bukanlah anak bangsawan, dan juga bukan anak dengan asal usul yang jelas. Ia yatim piatu dan dibesarkan oleh pamannya, yang adalah juru tulis kerajaan.
Pada malam pertemuannya dengan sang raja, Ester bukannya memusatkan perhatian untuk dirinya sendiri namun dia menyenangkan raja dengan ketenangannya dan juga sikap manis yang tidak dibuat buat. Perhatian dan kasih sayang yang tulus Ester, membawanya ke kursi permaisuri, tanpa hubungan seks di malam tersebut.
Ratu Ester baru berhubungan dengan sang raja, setelah sah menjadi permaisuri. Mhhhhm. Memikatnya jalinan cerita dalam buku ini membuat saya enggan meletakkannya, bahkan setelah selesai membacanya, selalu ada kesenangan membacanya ulang. Buku yang sangat menarik.
Kisah Alkitab yang singkat, menjadi sebuah fiksi sepanjang 364 halaman.
Inti dari buku ini memukau, bahwa satu malam yang berharga setahun persiapan fisik dan pikiran, untuk sang raja, mungkin sama dengan satu keputusan berharga yang ditempa setahun persiapan fisik dan pemikiran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Hidup Maksimal

Mendengar suara Tuhan adalah kunci hidup orang percaya menjadi maksimal. Sayangnya seringkali, kita merasa Tuhan tidak berbicara pada kita. ...