Minggu, 23 Agustus 2015

Ibadah Minggu di GKDI Jambi

Sejak saya bekerja di Jambi, saya tidak mendapatkan gereja biasa saya berjemaat. Akhirnya, saya bergabung dengan gereja GKDI. Ibadah diawali dengan membacakan Mazmur sebagai pembuka Ibadah Minggu. Kemudian pemimpin worship akan mengajak jemaat menyanyikan 2-3 lagu. Setelah pujian diberikan kesempatan sharing bagi member/jemaat untuk menceritakan kuasa Salib Kristus. Setelah sharing ini salah satu leader akan memimpin perjamuan suci. Setiap minggu Jemaat GKDI ini melaksanakan perjamuan. Berbeda dengan gereja asal saya dimana acara perjamuan suci dilaksanakan satu bulan sekali.
Setelah perjamuan, jemaat diberi kesempatan memberikan persembahan. Setelah persembahan Jemaat diajak mempersiapkan hati menerima pelajaran Firman Tuhan. Pendeta gereja adalah pembawa renungan Firman TUHAN setiap ibadah. Beliau menjabarkannya seperti ini,


1. Iman sejati tahan uji.
2. Iman sejati mematuhi Firman Tuhan
3. Iman sejati mengasihi sesama
4. Iman sejati menguasai perkataannya. Karena kata kata berpengaruh maka akan diperhatikan dalam berbicara
5. Iman sejati mempunyai etika yang sesuai dengan Firman Tuhan
6. Iman sejati mengingat Tuhqn dalam segala perencanaan dan pilihan pilihan kehidupan.
7. Iman sejati membangun kehidupan doa yang sungguh sungguh.
kesejatian iman yang ditulis dalam kitab Yakobus ini dipaparkan dalam ibadah selama beberapa pertemuan. Yakobus tidak bicara tentang hubungan tentang iman dan keselamatan. Namun iman yang sejati bicara tentang kehidupan yang berbuah.
Setelah doa renungan Firman biasanya pemimpin akan memberikan pengumuman kegiatan gereja. Kegiatannya meliputi olahraga bulutangkis sorenya, pendalaman Alkitab, dan group belajar Alkitab. Kemudian setelah berdoa penutup, pemimpin akan mengajak jemaat bernyanyi sebelum bersalam salaman. "Happy Sunday."
Eratnya hubungan dalam jemaat membuat kadang setelah ibadah ada surprise semacam ucapan selamat ultah seperti yang dilakukan dua minggu sebelum ini.
Walaupun tidak besar gereja ini menjadi keluarga baru saya di Jambi.
Selamat hari Minggu teman
Maria Margaretha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Hidup Maksimal

Mendengar suara Tuhan adalah kunci hidup orang percaya menjadi maksimal. Sayangnya seringkali, kita merasa Tuhan tidak berbicara pada kita. ...