Jumat, 31 Maret 2017

Branding in The Digital Era, Suatu Pembelajaran

Sebagai seorang guru, saya selalu menggunakan setiap kesempatan untuk belajar. Seringkali ada workshop cuma cuma yang dapat memberikan ilmu, wawasan dan juga memperluas pergaulan. Tentu saja bergaul dan mengenal teman teman maya juga menjadi sesuatu yang membuat hati bersemangat.
Minggu lalu, 26 Maret 2017, saya beruntung mendapat kesempatan melalui komunitas Indonesia Social Blogpreuneur, belajar tentang "Branding in the Digital Era" yang didukung oleh CNI Indonesia. CNI sebagai pendukung dari workshop ini pada pembukaan menjelaskan bahwa dengan perubahan era, CNI pun melakukan terobosan membangun branding melalui websitenya dan kerja sama dengan komunitas bloger. Hal ini diterangkan oleh Mas Gusti sebagai perwakilan CNI.

Dalam workshop pertama, mas Vincent, founder helofranchise menjelaskan mengenai membangun branding melalui website.
Mula mula mas Vincent menanyakan, yang membuat workshop ini interaktif juga, apa beda website dan blog. Secara sederhana dijelaskan bahwa website adalah situs url dengan berbagai konten yang tampilannya beragam. Blog adalah halaman situs yang berisi konten dengan topik yang spesifik dengan tampilan terbatas. Mas Vincent menerangkan cara pembuatan website. Pertama, dengan SAaS yaitu software as a service, contoh seperti wix, website builder, blogger, kedua dengan Personal Service, contoh CMS, seperti WordPress, joomla, drupal, atau dengan scratch seperti Tokopedia. Dalam hal personal service ini, diperlukan pemahaman bahasa ​program.

Ada beberapa komponen website,
1. Konten. Berita atau produk? Itu adalah konten suatu website.
2. Fitur. Meliputi widget, interaksi dan halaman.
3. Design ialah tampilan website. Desain ini mempengaruhi interaksi dengan pengunjung web.
4. Lay out adalah penempatan komponen website.
5. Performa yaitu hosting, jaringan dan keamanan website.
Sesi kedua workshop diisi oleh mbak Dewi K Rahmayanti. Mbak Dewi sharing tentang Personal Branding di Sosial Media. Ada empat​ topik utama dalam pemaparan mbak Dewi. 
1. Personal Branding
Dalam personal branding ada dua hal yang perlu dipahami, yaitu bagaimana kita melihat diri kita dan bagaimana orang banyak di sekitar kita melihat diri kita. Siapa saya, gambar diri, misi, value dan visi diri sebagai brand, sebagai produk. Lebih dari 90% manajer HRD saat merekrut seseorang lebih dulu melihat sosial media profil dari orang itu. Apakah si kandidat adalah orang yang negatif (suka mengumbar keluhan), tidak masuk akal (irrelevant), atau populer (all star). 
2. Sosial Media Teamwork
Setelah personal branding​, cerita diri kita siap, set apa yang membedakan kita dengan yang lain. Maka kita perlu mengenali Unique Selling Point (keunikan diri yang menarik), bagaimana kita mempunyai tujuan dalam promosi. Apakah tujuan kita sebatas awareness, engagement, atau selling yang mendatangkan penghasilan. Kemudian, kita perlu menentukan target pasar kita siapa audience kita. Apakah generasi baby boomers, generasi X atau generasi milenial dan kita dapat memilih media sosial yang cocok. Ini yang dimaksud media teamwork. 
Setiap orang punya kisahnya, ada problem dan solusi dalam pengalaman pribadi. Yang penting jujur dan apa adanya. 
3. Menulis di Sosial Media. 
Kenali fungsi media sosial kita. Bedakan konten setiap sosial media. Apa manfaat faceboik, instagram, dan twitter, sehingga bermanfaat dengan baik. 
BASIC RULES: NO INSTANT RESULT
Jadi mengerjakan personal branding di media sosial ini tidak instan, perlu waktu dan ketekunan. 
4. Perencanaan sosial media. 
a. Dapatkan intinya
b. Buat secara singkat
c. Pertimbangkan gambar dan kesesuaian dengan tulisan
d. Pertimbangkan apa yang membuat orang membagikan konten kita. 
Berkaitan dengan penjelasan ini, mbak Dewi juga menyampaikan bahwa saat ini sosial media juga mempunyai hukum (UU ITE) yang menjadi aturan dan harus dipatuhi. Kita harus menemukan sumber terpercaya dengan memperhatikan kata kunci, riset gambar dan siapa yang ada di balik suatu website atau blog.




Saya belajar banyak dari workshop ini. Saya ingin berterimakasih pada CNI sebagai pendukung acara, yang dengan murah hati juga memberikan makan siang dan sekotak honey lemon tea CNI yang menyegarkan hari hari saya setelah acara workshop. Saya tak sabar belajar lagi bersama CNI, dan komunitas ISB. 
Salam Edukasi,
Maria Margaretha
Catatan: kredit foto untuk mbak Ani Berta, dari messenger FB

3 komentar:

  1. Abis baca tulisan ini saya jadi kepikiran buat bikin jadwal khusus akun sosmed.

    BalasHapus
  2. Acara yg bermanfaat. Bisa bikin tambah wawasan tuk blogger

    BalasHapus
    Balasan
    1. serius. Saya dapat banyak ilmu. Walaupun jadi ngga bisa ikutan ramein livetweet. Fokus sama narsumnya sih. Makasih Mbak Ley sudah singgah.

      Hapus

Tips Hidup Maksimal

Mendengar suara Tuhan adalah kunci hidup orang percaya menjadi maksimal. Sayangnya seringkali, kita merasa Tuhan tidak berbicara pada kita. ...