Selasa, 07 September 2010

Ciri Penolakan Diri

Berkat yang kuterima dalam sebuah seminar adalah semakin memahami diriku sendiri dan proses Allah bekerja dalam kehidupanku. Aku jadi menyadari area-area di mana aku harus dipulihkan dan mengenali tanda-tanda sikap yang keliru. Salah satunya adalah penolakan diri.
Sikap menolak diri dikembangkan karena mengukur diri menurut standar lahiriahorang-orang disekitar kita untuk mendapatkan pengakuan mereka. Hal ini mengakibatkan sulitnya seseorang mempercayakan masa depan kepada ALLAH. Ada waktu-waktu, saya mengalami penolakan diri karena masalah di sekitar saya.
Ciri penolakan diri yaitu:
1. Cara berpakaian yang berlebihan. Seseorang menggunakan pakaian atau make up yang mencolok untuk menutupi kekurangan yang tak dapat diubah.
2. Ketidakmampuan untuk mempercayai ALLAH. Saat kita melihat diri kita, kita bertanya, jika kreativitas ALLAH hanya seperti ini, bagaimana saya dapat mempercayainya???
3. Rasa malu yang berlebihan. Takut tentang apa yang dipikirkan orang lain tentang diri kita, membuat kita selalu merasa malu.
4. Sulit mengasihi orang lain. Bagaimana kita dapat mengasihi orang lain, jika kita tidak mengasihi diri kita sendiri?
5. Suka mengecam diri sendiri. Keluhan terhadap cirri fisik, kemampuan, keturunan dan warisan sosial yang tidak dapat diubah adalah penanda signifikan terhadap penolakan diri.
6. Membandingkan diri dengan orang lain. Menginginkan perubahan pada area-area yang tidak mungkin dapat diubah merupakan bukti penolakan diri lainnya.
7. Kepahitan yang mengambang. Ada kalanya seseorang berkata, aku benci diriku sendiri. Hal ini menunjukkan bahwa oranng itu tidak puas terhadap ALLAH yang menciptakan dirinya.
8. Perfeksionisme. Hingga taraf tertentu hal ini wajar. Namun bila waktu perbaikan/ penyempurnaannya melebihi nilai yang dihasilkan hal ini barulah tidak sehat.
9. Kecongkakan. Dengan membangga-banggakan diri sebenarnya seseorang tengah menunjukkan keminderannya.
10. Upaya ganjil untuk menyembunyikan kekurangan yang tak dapat diubah
11. Keborosan. Berbelanja barang barang mahal dengan harapan mendatangkan kekaguman merupakan bukti lain dalam penolakan diri.
12. Prioritas yang salahBila kita mengabaikan tanggung jawab yang ALLAH berikan dan berfokus pada hal-hal yang dapat mendatangkan pujian dari orang disekitar kita, itu menunjukkan kita sedang menolak diri.
Mengapa banyak orang menunjukkan penolakan diri? Apakah memang ALLAH berlaku curang dengan memberikan kepada kita area-area yang tidak dapat kita ubah dalam hidup kita?
Sesungguhnya tidaklah demikian. Sebenarnya ALLAH ingin agar kita mengembangkan karakter kita menjadi serupa dengan DIA. Kesempurnaan fisik, bisa jadi menghambat kita mengembangkan karakter batiniah yang berkenan pada ALLAH.
Jadi???
MARI KITA PERIKSA DIRI KITA, ADAKAH CIRI PENOLAKAN DIRI INI DALAM DIRI KITA? MARI KITA BELAJAR BERSYUKUR ATAS KEUNIKAN DIRI KITA DAN BERSAMA ALLAH MEMBANGUN KARAKTER KRISTUS.
(diringkas dari Textbook Seminar IBLIP)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Hidup Maksimal

Mendengar suara Tuhan adalah kunci hidup orang percaya menjadi maksimal. Sayangnya seringkali, kita merasa Tuhan tidak berbicara pada kita. ...