Jumat, 27 Maret 2015

Motivasi menulis

Beberapa alasan yang menyebabkan seorang penulis, menulis


1. adanya ide yang ingin dibagikan. Beberapa orang memiliki banyak sekali ide dalam benaknya. Ia menulis untuk menuangkan ide-idenya dan mencari tahu apakah ide-nya adalah ide yang disukai atau diterima dan mencoba menggali kembali kemungkinan-kemungkinan dari ide tersebut.


2. curhat, saluran curhat dunia nyata yang tidak tersampaikan. Ia menuliskan isi hatinya melalui tulisan. Apakah curhat tersebut bermanfaat atau tidak, sebenarnya dipengaruhi oleh faktor ada tidaknya pelajaran yang diperoleh dari tulisan tersebut.


3. menunjukkan eksistensi diri. Saya ada maka saya menulis. Menulis dengan motivasi seperti ini, biasanya bermaksud meninggalkan jejak karya. Bukan hanya sekedar menulis. Maka penulis semacam ini akan berhati-hati dengan konten tulisannya.

4. mencari popularitas. Mendapatkan perhatian yang dalam dunia nyata mungkin yang bersangkutan tenggelam karena berbagai hal. Seorang anak pintar di dunia nyata, mungkin banyak yang lebih pintar, maka tak kelihatanlah kepintarannya. Menulis menjadi sarana agar ia kelihatan.

So, kenapa menulis?


Buat saya sih nulis itu nambah teman, lihat deh foto di bawah. Kalau ngga menulis, mana mungkin kenal mereka,... iya kan? (dipasang tanpa izin, mudah mudahan ngga ada yang marah)


Akhirnya sih,
MENULISLAH untuk KEBAIKAN. Sisanya biarlah jadi bonus saja.
Salam edukasi,


Maria Margaretha

2 komentar:

  1. Salam kata-kata, betul Bu Maria, ada berbagai motivasi menulis. Motivasi utama adalah menehbar kebaikan plus nambah teman, btw itu foto lagi dimana bu? he he he kepo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menebar kebaikan,... ah indah sekali. Saya sangat setuju. Nambah teman? Hehehehe... itu saya banget. Foto itu di kantor kompasiana bu. Yang pria kompasianer Malaysia tadinya, tapi sudah di Indonesia, yang berambut pendek itu kompasianer Jepang, lagi liburan dan yang berjilbab itu kompasianer juga. Lagi launching buku guru plus sekitar 7 bulan lalu. hehehehehe.

      Hapus

Tips Hidup Maksimal

Mendengar suara Tuhan adalah kunci hidup orang percaya menjadi maksimal. Sayangnya seringkali, kita merasa Tuhan tidak berbicara pada kita. ...