Kamis, 11 Juni 2015

Membagi Laporan Pendidikan Kenaikan kelas

Hari ini, tunai sudah tugas saya saat membagikan rapor kenaikan kelas. Dari 32 siswa di kelas saya saat ini, sudah ada 3 orang tua yang mintaizin mengambil rapor besok dan tidak mengambil rapor karena di luar kota berlibur.


Unik juga sebenarnya. Belum raportan sudah memilih liburan ke luar kota. Kalau ananda ngga naik?
Itulah prioritas. Satu dua orang tua juga mencecar melalui telepon. Anak saya naik atau tidak?
Sulit memberitahukan anak tersebut naik atau tidak.


Berdasarkan aturan pemerintah yang saya ketahui, katanya sekarang seharusnya tidak ada siswa yang boleh tidak naik. Tetapi, kalau pada kenyataannya siswa belum siap menempuh kelas berikutnya apakah harus dinaikkan?
Terutama dari sudut perilaku. Masalah kecerdasan, bisa saja dikejarkan, tapi perilaku dan sikap tentu akan membutuhkan proses panjang, Anak yang tidak menghargai belajar, tidak menghormati guru, mengabaikan tugas, dan cenderung lebih suka main bukanlah anak yang siap menempuh kelas ujian, kelas 6.


Bukan nilai tolok ukurnya, walaupun nilai menjadi indikasi. Contoh, anak yang memang cerdas, mendapatkan nilai hanya KKM itu sebenarnya perlu dipertanyakan. Berbeda dengan anak yang memang kemampuan intelektualnya kurang. Ia bisa dengan mudah naik ke 5 besar dan meluncur turun di 20 besar.
Anak yang merasa kemampuannya pas-pas an dan belajar dengan tekun akan lebih menetap hasil belajarnya.


Dan,...
hari terakhir.
hari perpisahan.
sudah selesai
sudah tunai.
nantilah cerita panjangnya.
mau ke sekolah dullu.

8 komentar:

  1. Jujur, aku selalu heran dengan sikap ortu yang kayak gini :
    'Belum raportan sudah memilih liburan ke luar kota.'

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yakin anaknya naik kelas,... atau ngga sabar mau liburan ya mbak? hihihihihi...

      Hapus
  2. saya masih gamang, nunggu tanggal 27 Juni ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, bagaimana raportnya nih... hehehehehe makasih kunjungannya pak...

      Hapus
  3. wah, anak saya baru bagi rapor tanggal 20 juni. Btw, met liburan bu Maria

    BalasHapus
    Balasan
    1. YAng libur muridnya bu. Saya sih hehehehehehe.... ngeberesin yang belum. Maaf ya bu baru balas,... makasih kunjungannya.

      Hapus
  4. Saya baru tau kalo ada aturan pemerintah yang seperti itu, Mbak. Pagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha ya itu. Sempat ramai juga pak, kalau anaknya ngga bisa banget, ngga ketolongan lagi, maksudnya, masa harus naik juga.... Makasih hadirnya Pak Ryan. Maaf ya baru bisa balas-balas komennya.

      Hapus

Tips Hidup Maksimal

Mendengar suara Tuhan adalah kunci hidup orang percaya menjadi maksimal. Sayangnya seringkali, kita merasa Tuhan tidak berbicara pada kita. ...